Bukan orang yang pintar membahas sesuatu.. Tapi untuk baik buruknya hidup,, bisa belajar dari kehidupan diri sendiri maupun orang lain..

Tuesday, October 31, 2006

soal maaf memaafkan, dan masih ngga mau maafin hafis..

Jadi inget, soal maaf memaafkan..

Ada satu orang yang sampe sekarang masih sulit gw maafin.. pernah sejahat apapun orang laen sama gw, gak gw inget lagi, gw maafin. Kecuali dia.. gw gak mau maafin dia tapi selama beberapa hari ini, selalu kepikiran.. mikirin, apakah harus gw maafin aja? Sampe tadi siang pas gw baru punya pulsa, gw tiba2 berniat untuk sms dia dan bilang gw udah bisa maafin dia (gak penting juga kali buat dia), tapi masih aja gak sreg..

Akhirnya gw sms Cungkring, nanya “Cung, salah ngga kalo gw gak mau maafin satu orang?” trus jawaban dia bikin gw jadi sangat tenang (thx a lot bro!).. intinya kata dia

“memaafkan adalah suatu hak,, dan memaafkan berarti melupakan”.

Mungkin memaafkan adalah kewajiban, tapi dengan posisi gw, gw maksa spy memaafkan dia menjadi hak gw. Memaafkan berarti melupakan, melupakan itu perlu waktu yang nggak sebentar. Mungkin gw akan maafin dia kalo gw udah lupa semua hal yang sangat nyakitin itu. Dan mungkin juga gw gak akan maafin dia kalo gw ngga bisa ngelupain semua itu. Perlu waktu untuk maafin dia..

Mungkin gak penting buat dia apakah gw maafin dia ato ngga, yaah, itu nyangkut ketenangan hati gw juga. Sperti di atas, gw jadi tenang, tinggal nunggu gw lupa, otomatis gw akan maafin dia.. sampe skarang si blom lupa..

Kadang2 gw bisa ngerti dan mikir, udahlah, dia ngga salah, namanya juga hati. Susah untuk dikendaliin. Gw gak bisa ngelarang dia untuk suka sama si A lah, si B lah. Gak bisa banget..

Selama ini, gw adalah orang, yang cenderung sangat bisa memaklumi dan mentolerir kesalahan2 yang hubungannya dengan perasaan ato dengan hati.. gw orang yang maklum dan ngga menyalahkan kasus ‘mantan jadian sama sahabat’. Gw orang yang gak menyalahkan kasus ‘jadian sama kecengan temen’. . dan sebagainya. Karena gw tau dan gw sangat ngerasain, kalo gak ada yang bisa ngatur dan nahan perasaan atau hati seseorang kecuali orang itu sendiri, itupun pasti sangat sulit. Kalo dipikir2 lagi, dengan paham gw yang seperti itu gw bisa nganggap dia ngga salah dan otomatis gak ada yang perlu dimaafkan..

Tapi entah kenapa untuk hal yang satu ini gw masih sangat sulit untuk bisa ngerti, dan memaafkan...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home